UNIKOM Sambut Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

BANDUNG UNIKOM – Penyambutan dan Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Komputer Indonesia (Unikom) di masa transisi pandemi COVID-19 digelar secara Hybrid pada Senin, 26 September 2022. Rektor Unikom, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Seogoto, M.T., resmi mengukuhkan sebanyak 3.038 mahasiswa yang diterima pada jenjang Magister, Sarjana dan Diploma yang tersebar pada 28 program studi di 7 Fakultas di Unikom yang diwakili secara simbolis dengan memakaikan Jas Almamater oleh 2 (dua) mahasiswa baru oleh Rekto Unikom pada prosesi Sidang Terbuka Senat dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023

Sidang Terbuka Senat Unikom dalam rangka PMB TA 2022/2023 yang bertepatan dengan Dies Natalis ke-22 Unikom tersebut digelar di Auditorium Lt. 17 Smart Building Unikom diadakan secara hybrid yang berlangsung secara luring, ditempat, dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Live Streaming via Youtube. Live di PTV. dan turut dihadiri oleh Yayasan Science & Technology Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Head of Region BNI Kantor Wilayah IV, Ibu Maya Agustin beserta jajarannya.


Berbeda dari tahun sebelumnya, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022 dimana hari pertama prosesi Upacara Sidang Terbuka Senat dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023 ini Unikom lakukan secara Hybrid dengan mengundang 10 Mahasiswa baru dari setiap Program Studi yang ada di Unikom. lebih special nya lagi kehadiran Kepala Badan Perlindungan Perkerja Migran Indonesia (BP2MI) Republik Indonesia Bapak Benny Rhamdani yang memberikan orasi ilmiah kepada para Mahasiswa Baru.

Benny menjelaskan dalam orasi ilmiahnya bahwa bekerja adalah hak asasi yang harus dilindungi, dijungjung tinggi dan dihormati. Selain itu, negara harus bisa menjamin hak, kesempatan, dan memberikan perlindungan kepada setiap warga negara. Tanpa adanya diskriminasi, seperti yang tercantum pada UU NO. 39/2004, yang mana berorientasi pada penempatan dan kurangnya aspek perlindungan. Diakhir materi, Benny menjelaskan tentang 4 poin penting tentang potret kontras belahan dunia PMI, yang mana hal ini penting diketahui oleh mahasiswa baru sebagai warna negara sah, diantaranya : 1) Mendapatkan jaminan perlindungan negara 2) Mendapatkan fasilitas yang istimewa 3) Mendapatkan kemudahan fasilitas pembiayaan 4) Dilepas pejabat negara dengan cara terhormat.


Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT. dalam pidatonya memberikan sambutan dan pesan kepada Mahasiswa/i baru agar dapat menjadi mahasiswa yang proaktif dan kreatif dalam meraih prestasi. Juga, dapat memanfaatkan fasilitas yang telah UNIKOM sediakan dengan bijak. Tidak hanya itu, Eddy Soeryanto Soegoto juga menjelaskan bahwa setelah 2 tahun mengikuti peraturan pemerintah untuk melaksanakan perkuliahan secara daring, UNIKOM pada semester ganjil ini akan melaksanakan perkuliahan 100% luring. Untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka, Mahasiswa/i UNIKOM diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

Masih dalam kesempatan yang sama, Eddy memberikan tips yang dapat mahasiswa lakukan agar sukses menyelesaikan studi 1) Berfikir positif, 2) Disiplin dalam segala hal, 3) Berorientasi masa depan dan memiliki roadmap yang jelas. 4) Memiliki hubungan yang baik dengan teman, dosen, maupun staf tenaga kependidikan. 5) Memiliki niat dan motivasi yang kuat untuk sukses. 6) Punya rasa ingin tahu yang tinggi dan tidak ketinggalan informasi. 7) Amanah dan menunjukan usaha yang sungguh – sungguh dalam belajar. 8) Menjaga keseimbangan emosi, tetap bahagia, bisa membagi waktu antara studi, hobi, kehidupan pribadi, keluarga, pertemanan maupun organisasi. 9) Jangan salah bergaul tetap berada lingkungan yang positif. 10) Menjaga kesehatan fisik dan mental. Lahir dan batin, 11) Last but not least banyak berda dan tekun beribadah. Jika 11 Poin tersebut dilakukan Insya Allah Mahasiswa Unikom akan bisa “lulus tepat waktu” bukan “lulus pada waktu yang tepat” dengan tetap menikmati kehidupan sebagai mahasiswa.


Acara Upacara Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) T.A 2022/2023 dan Dies Natalis ke-22 Universitas Komputer Indonesia ditutup dengan Penyerahan  beasiswa BNI sebesar Rp.138.000.000-, untuk 46 Mahasiswa Berprestasi Unikom. oleh Head of Region BNI Kantor Wilayah IV, Ibu Maya Agustin kepada Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT.



Gelaran PMB TA 2022/2023 tentu membutuhkan persiapan dari berbagai bidang kerja yang terlibat di Unikom. Tidak hanya seremoni penyambutan, rangkaian agenda kegiatan PMB juga menyuguhkan beberapa pengenalan dari jajaran pimpinan Unikom mulai dari Rektorat, Dekanat, Direktorat, Program Studi, Para Kepala Divisi, Para Kepala Bagian  dan organisasi mahasiswa baik internal maupun eksternal sehingga para mahasiswa baru semakin mengenal kampusnya serta berbagai aktivitas kemahasiswaan yang ada di lingkungan Unikom.


Sidang Terbuka Senat dalam Rangka Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2022-2023 berjalan dengan hikmat, lancar dan sukses berkat sinergitas yang baik serta komitmen yang tinggi di bawah kolaborasi beberapa bidang kerja di Unikom, diantaranya Direktorat Humas dan Protokoler Unikom, Direktorat AP2SC, Direktorat PTSI, Direktorat Manajemen Building, Direktorat Kemahasiswaan, PT Unikom Kreasi Media, PTV, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unikom,  Korps Protokoler mahasiswa (KPM) Unikom, Badan Eksekutif Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa. (Direktorat Hms & Pro)