UNIKOM World Class University 2022

BANDUNG, UNIKOM – Scimago Institutions Rankings (SIR) merupakan lembaga internasional yang melakukan pemeringkatan dengan menggabungkan tiga indikator yang berbeda. Pemeringkatan Scimago Institutions Rankings ini juga didasarkan seberapa banyak paper penelitian yang mampu dipublikasikan perguruan tinggi dan teridentifikasi oleh Scopus. Penelitian tersebut tidak boleh hanya terpaku pada jumlah dan meninggalkan esensi kualitas publikasi.

Baru – baru ini, Scimago Institutions Rankings telah merilis daftar universitas terbaik di dunia tahun 2022. Berdasarkan hasil pemeringkatan SIR, Harvard University (Amerika Serikat/USA) menempati posisi pertama, disusul Harvard Medical School (Amerika Serikat/USA), serta Tsinghua University (China) berada di peringkat kedua dan ketiga.

Dilansir dari laman resmi SIR, Sabtu (10/9/2022), terdapat tiga indikator dengan bobot penilaian berbeda yang digunakan SIR untuk memeringkatkan universitas di seluruh dunia, yakni Penelitian (50 persen), Inovasi (30 persen), dan Kemasyarakatan (20 persen).

Unikom menempati urutan ke-51 Universiatas di Indonesia terbaik di tingkat dunia tahun 2022 versi SIR universitas dan Urutan ke-9 dari 400 lebih Perguruan Tinggi di Jawa Barat (Jabar). Sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa bagi Unikom dapat berada di posisi tersebut bersanding dengan para PTN dan PTS yang telah berdiri sangat lama. Jika mengingat saat ini Unikom baru saja menginjak usia 22 tahun namun, sebuah anugrah besar dari Sang Pencipta,  dengan usia yang tergolong muda namun prestasi dan pencapaian Unikom di tingkat Regional, Nasional dan Internasional terus digapai.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT mengatakan “Merupakan Kebanggaan bagi Segenap Sivitas Akademika atas masuknya UNIKOM sebagai World Class University 2022 (Rank 808). Hanya 9 PT Terbaik dari Jawa Barat dari 51 PT dari Indonesia yang masuk WCU 2022. Menurut Eddy, Tentu Unikom akan terus menaikkan peringkat Kampusnya di WCU dengan membangun kreasi, inovasi & prestasi baru. Rektor Unikom tidak lupa  mengucapkan, Congratulations bagi Segenap Sivitas Akademika kampusnya.

Peringkat tersebut membuktikan Unikom mampu menjadi kampus yang maju yang berbasis teknologi informasi, mengikuti perkembangan zaman, serta memiliki posisi yang baik sebagai PTS di level Nasional maupun Internasional. Unikom akan terus meningkatkan kualitas dan membuat terobosan – terobosan yang bermanfaat bagi Bangsa Indonesia dengan berpegang teguh pada Budaya Unikom yakni PIQIE (Profesionelime, Integrity, Quality, Information Teknologi and Excellen).

Harapan Besar Unikom, seiring dengan tujuan SIR memberi penilaian dan peringkat kepada universitas di dunia yaitu untuk menyediakan alat metrik yang berguna bagi lembaga, pembuat kebijakan, dan manajer penelitian untuk analisis, evaluasi, dan peningkatan kegiatan, serta output yang dihasilkan, memotivasi akademika Unikom untuk lebih giat berinovasi dan berkreasi. (Direktorat Hms & Protokoler)