Hima Teknik Elektro Gelar Workshop Desain Elektronika

BANDUNG, UNIKOM – Bertempat di Lab. Komputer 2 Kampus I Unikom, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HME) menggelar kegiatan pengarahan bertajuk “Workshop Desain Elektronika” pada Sabtu (11/01/2020). Mendesain jalur rangkaian PCB dengan memberikan dasar-dasar pengetahuan serta perancangan menggunakan software PCB wizard menjadi maksud kegiatan ini terselenggara, dimana diikuti oleh sebanyak ±33 peserta dari mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 Prodi Teknik Elektro Unikom.

 

Ketua HIMA Teknik Elektro Ovianto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk: 1) Memperkenalkan dasar pengetahuan tentang perakitan PCB, 2) Mengajarkan cara merakit dan mendesain PCB dan 3) Terjalinnya silaturahmi antar anggota HME UNIKOM. ”Program kerja workshop diharapkan menjadi sarana pengembangan diri mahasiswa serta menjadikan mahasiswa teknik elektro lebih memperdalam ilmu tentang keelektroan terutama tentang perancangan dalam mendesain PCB, sehingga ke depannya dapat menghasilkan dampak yang positif bagi dinamika kehidupan baik untuk Unikom ataupun Program Studi Teknik Elektro khususnya.” ujar Ovianto.

Memasuki agenda inti yakni penyampaian materi yang disampaikan oleh Wisnu Hari Nugroho dan Rangga Al Arif selaku pembicara dari Mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2017 yang dalam kesempatan ini memaparkan materi mengenai pengenalan aplikasi PCB wizard, dasar perancangan dan tahapan mendesain. Mengenai PCB Wizard, ialah software yang dibuat untuk merancang jalur layout pada PCB atau bisa disebut juga paket yang kuat untuk merancang papan sirkuit satu-sisi dan dua sisi tercetak (PCB) dan untuk berlatih membuat rangkaian elektronika.

Selanjutnya, selain diberikan materi para peserta pun dibimbing lebih lanjut sehingga dapat memahami secara maksimal pengoperasian software PCB Wizard tersebut, dan dilanjutkan dengan mempraktikan dasar perancangan dan desain. Apresiasi positif ditunjukan oleh para peserta melalui keaktifan mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. (Direktorat Hms & Pro)