Pengabdian Kepada Masyarakat SMKN 1 Pacet

Cianjur, 20 Maret 2018. Teknik Elektro UNIKOM kembali melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM biasa dilaksanakan 1x setiap semester atau maksimal 2x setiap tahun ajaran. Tema kali ini mengusung “Revolusi Industri 4.0”. Bekerja sama dengan SMKN 1 Pacet Cianjur, kegiatan ini diikuti oleh 5 orang dosen dan 7 orang mahasiswa sebagai panitia pengabdian dari Teknik Elektro UNIKOM Bandung.

Kegiatan terbagi menjadi 2 agenda, Kuliah Umum dan Pelatihan. Kuliah umum dengan tema “Menghadapi Era Industri 4.0” langsung disampaikan oleh ketua Jurusan Teknik Elektro Dr. Yusrila Y. Kerlooza. Kegiatan tersebut diikuti oleh ± 300 orang siswa. Inti dari kuliah umum tersebut adalah “Siswa harus dapat bersaing dan mempersiapkan diri di dunia kerja pada revolusi industry 4.0”. Kegiatan pelatihan terbagi menjadi 2 tema dan dilaksanakan secara parallel

Tema pertama mengusung tentang IOT. Kegiatan ini disampaikan oleh dosen Teknik Elektro Budi Herdiana, M.T. Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang siswa pilihan dari kelas 10. Dalam pelatihan ini, beliau mencontohkan pengaplikasian IOT pada bidang pertanian khususnya tanaman paprika. Implementasi bidang pertanian dipilih karena SMK 1 Pacet unggul dalam bidang pertanian. Salah satu contoh aplikasi yang didemokan adalah membuat sebuah aplikasi running text dengan menggunakan android sebagai kendalinya, guna kedepannya SMK 1 Pacet berencana membuat sebuah Techno Park yakni sebuah taman dengan kendali IOT di dalamnya. Siswa sangat antusias sekali dengan materi yang disampaikan, diharapkan dengan pengenalannya pada bidang IOT siswa dapat meng-eksplor lebih dalam materi tentang IOT dan pengaplikasiannya.

Tema kedua mengusung tentang pelatihan PLC. Pelatihan PLC ini diikuti oleh 30 orang siswa kelas 10 dan kelas 12. Pada pelatihan ini siswa diberi materi cara pengontrolan PLC khususnya PLC Allen Bradley. Mulai dari instalasi software, pengenalan Ladder Logic hingga instruksi relay logic. Pelatihan dilakukan secara simulasi. Simulasi yang dilakukan yaitu simulasi input/output. Simulasi silo dan simulasi traffic light, dan siswa sangat antusias sekali dengan materi yang diberikan. Setelah dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan siswa lebih giat lagi memperdalam ilmu yang dikenalkan agar persiapan menghadapi era industri 4.0 semakin mantap dan dapat bersaing secara global.

 

 

  • Polls

    Apakah website ini menarik?

    View Results

    Loading ... Loading ...
  • About Author
    admin

    Leave a Comment

    Name*
    Email*
    Website