Makrab HIMA Elektro Tahun 2017

HIMA Elektro Angkatan 2010

Berita Terbaru

SELAMAT DATANG DI SITUS TEKNIK ELEKTRO UNIKOM

Teknik elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat - sifat elektron atau sifat - sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari - hari. Berasal dari bahasa Inggris Electrical Engineering, yang bisa diartikan dengan teknik listrik. Dahulu teknik elektro dibagi atas 2 jenis :

1. Arus kuat, yang mempelajari listrik tegangan tinggi
2. Arus lemah, yang memperlajari listrik tegangan rendah

Sejalan dengan perkembangan teknologi, khususnya pada bagian arus lemah, maka saat ini dibagi menjadi 6 konsentrasi, yaitu: Teknik Tenaga Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kendali, Teknik Komputer, Teknik Biomedika.

Unikom salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung memiliki Program studi teknik elektro tingkat Sarjana (S1). Teknik Elektro di Unikom berfokus ke Arus Lemah, dan juga teknik elektro unikom memiliki 2 konsentrasi yang dapat diambil oleh mahasiswa yang memilih jurusan tersebut, yaitu :

1. Teknik Kendali

Teknik kendali (Control Engineering) adalah salah satu konsentrasi di bidang teknik elektro yang mempelajari tentang sistem kendali dengan menggunakan instrumen - instrumen perangk elektrik dalam sistem kerjanya. disini biasanya mempelajari mengenai robotik, embeded system (sistem yang terpendam yang dapat bekerja secara real time), sensor, aktuator/penggerak. Dan selain itu juga mempelajari tentang PLC (Programmable Logic Control).

2. Teknik Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi adalah salah satu konsentrasi di bidang teknik elektro yang mempelajari tentang penyebaran data dan informasi melalui penggunaan gelombang elektromagnetik. Diawali dengan penemuan telegraf pada awal abad ke-19, industry telekomunikasi terus berkembang dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern sehari – hari. Teknik Telekomunikasi mempelajari tentang cara pembangkitan, pengolahan, dan penyaluran, dan penyebaran informasi secara efisien dengan memanfaatkan metode sains dan rekayasa. Penekanan keilmuannya focus pada pengembangan infrastruktur mulai dari elemen-elemen terkecil sampai dengan jaringan yang kompleks, yang perlu didukung oleh komponen perangkat keras, perangkat lunak, manajemen sumber daya, manajemen rekayasa, dan regulasi.

Dosen Teknik Elektro

UNIKOM