Workshop PLC (Programmable Logic Control) bersama SMKN 9 Garut

  • Rabu, 04 April 2018

Pada tanggal 10 Februari 2018, Teknik elektro unikom bekerja sama dengan SMKN 9 Garut yang beralamat di Jalan Raya Bayongbong, Panembong, Bayongbong, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, dalam melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) tahun 2018.

Kebetulan SMKN 9 Garut pada 2 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 2016 pernah bekerja sama juga dalam PKM 2016 yaitu pelaksanaan “WORKSHOP ARDUINO”. Berbeda dengan tahun 2016, pada tahun ini teknik elektro unikom bekerja sama dengan SMKN 9 Garut khususnya jurusan Elektronika Industri melaksanakan “WORKSHOP PROGRAMABLE LOGIC CONTROL (PLC)”. Dalam kegiatan ini terbagi menjadi 2 sesi. Sesi ke - 1 yaitu workshop PLC LogixPro dan sesi ke - 2 Workshop PLC OMRON .

Pada sesi ke - 1, materi workshop diberikan kepada 10 orang siswa yang terdiri mulai dari kelas X (10) – XII (12). Materi berisi tentang simulasi PLC di dalam dunia industri. Para siswa diberikan materi dasar yang kemudian dilanjutkan dengan pemecahan masalah dalam program PLC. Para siswa terlihat sangat antusias dengan adanya workshop ini. Terbukti dengan sedikit waktu yang diperlukan untuk memecahkan masalah setiap persoalan yang diberikan.

Sesi ke-2 adalah pemberian materi tentang cara menggunakan PLC OMRON. Pada sesi 2 ini materi tidak diberikan kepada siswa SMKN 9 Garut. Akan tetapi, materi ini ditunjukan kepada guru SMKN 9 Garut Jurusan Elektronika Industri. Materi ini berisi tentang cara memprogram PLC OMRON berjenis CP1E yang langsung di aplikasikan pada PLC Trainner.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata kedua belah pihak dan juga kegiatan foto bersama antara panitia (Dosen Teknik Elektro Unikom) dan juga para peserta (Siswa dan Guru jurusan Elektronika Industri SMKN 9 Garut).

Pelaksanaan Workshop PLC LogixPro bersama siswa SMKN 9 Garut

PLC Trainner

Penyerahan cinderamata kedua belah pihak

Foto Bersama Dosen Teknik Elektro & Para Peserta Workshop