Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017

  • Senin, 02 Oktober 2017

Kementrian Riset dan Teknologi Tinggi (Kemenristekdikti) memberi kesempatan kepada seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk mengajukan ide kreativitasnya dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM terdiri atas 2 Kategori yaitu:
1. 5 bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu :
a. PKM-Penelitian (PKM-P), merupakan program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawab berbagai macam permasalahan keilmuan.
b. PKM-Kewirausahaan (PKM-K), merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada laba (profit).
c. PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan nilai tambah masyarakat sasaran.
d. PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), merupakan program bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi (peningkatan mutu produk, perbaikan proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-lain) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status usaha dan lain-lain) atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil atau koperasi) dan menengah bahkan berskala besar dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.
e. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya.

2. PKM yang berbasis artikel ilmiah, yaitu:
a. PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), merupakan Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari hasil kegiatan kelompok mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM, magang).
b. PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi masyarakat.


Untuk Pedoman PKM lebih lanjut, silahkan unduh di Pedoman PKM 2017